Friday, 01 March, 2024

Dibalik Berdirinya La Liga


Dibalik Berdirinya La Liga

Dibalik Berdirinya La Liga – Penggemar sepak bola pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Liga Spanyol. Faktanya, tidak sedikit penggemar sepak bola yang sangat up-to-date dengan berita seputar kejuaraan Spanyol. Meskipun Anda sudah mendengarnya berkali-kali: Tahukah Anda sejarah kejuaraan Spanyol? Jika belum, yuk simak penjelasan singkat mengenai sejarah Liga Spanyol berikut ini.

 

Dibalik Berdirinya La Liga

Dibalik Berdirinya La Liga

 

arenasportsid – Pada tahun 1927, kejuaraan Spanyol atau dengan kata lain La Liga dimulai. Seorang direktur Arenas Club de Getxo bernama Jose Maria Acha mengemukakan idenya untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga sepak bola di Spanyol. Sebenarnya banyak sekali diskusi orang lain tentang ide ini.

Keputusan Federacion Espanola de Futbol Real akhirnya memberi lampu hijau kepada La Liga. Asosiasi ini mencakup 10 tim dari Divisi Primera. Keenam tim tersebut antara lain Real Madrid, Barcelona,​​Real Sociedad, Arenas Club de Getxo, Athletic Bilbao, dan Real Union. Ketika pertama kali diadakan pada tahun 1929, La Liga adalah kompetisi sepak bola utama di negara tersebut.

FC Barcelona adalah tim yang memenangkan gelar La Liga di tahun pertamanya. Saat ini ada 20 tim yang ambil bagian di La Liga. Sejak awal berdirinya La Liga pada tahun 1929 hingga 2014, Real Madrid menjadi tim yang paling banyak meraih gelar.

Saat perayaan La Liga dimulai, ada beberapa tim yang bereksperimen untuk finis pertama di La Liga. Namun hasil mereka masih jauh di bawah Real Madrid dan FC Barcelona. Akibat perang di Spanyol, La Liga terpaksa dihentikan sementara. Perang akhirnya berakhir pada tahun 1940.

Atletico dan Valencia juga mengambil bagian dalam kompetisi di Spanyol, mencapai posisi teratas dari tahun 1940 hingga 1945. Selama kurang lebih 20 tahun, mulai tahun 1961 hingga 1980, Real Madrid akhirnya mendominasi La Liga. Namun Barcelona berhasil memperlambat laju Real Madrid dalam menguasai La Liga. Sejak itu, Clasico antara Barcelona dan Real Madrid dimulai di pertandingan La Liga.

Real Madrid dan Barcelona tidak hanya memenangi gelar Spanyol terbanyak. Faktanya, ada tim lain yang berhasil meraih gelar lebih dari satu kali. Di bawah ini daftar juara Liga Spanyol yang meraih kemenangan lebih dari satu kali.

1. Real Madrid

Tim pertama yang paling banyak memenangkan kejuaraan Spanyol adalah Real Madrid. Didirikan pada 6 Maret 1902, tim ini telah memenangkan trofi La Liga sebanyak 34 kali.

Los Merengues (julukan Real Madrid) pertama kali meraih gelar juara La Liga pada musim 1931/1932. Musim lalu (2020/2021) mereka harus merelakan Piala Championship Spanyol kepada rival sekotanya Atlético Madrid.

Real Madrid juga menjadi tim yang menunjukkan performa cukup stabil. Meski tak meraih gelar juara, mereka kerap mengakhiri musim di posisi kedua klasemen Liga Spanyol.

Kesuksesan Real Madrid tidak hanya terjadi di kompetisi domestik, namun juga di level Eropa. Terbukti mereka menjadi tim peraih gelar Liga Champions terbanyak.

Penampilan bagus Real Madrid jelas tak lepas dari para pemainnya. Seperti kita ketahui, tim Santiago Bernabeu diperkuat oleh juara kelas dunia. Cristiano Ronaldo, Luca Modric, bahkan Zinedine Zidane, misalnya, pernah menjadi pemain atau pelatih.

Pada musim 2021/2022, Real Madrid tidak akan diperkuat pemain berpengalamannya yakni Sergio Ramos. Mampukah mereka kembali menjuarai Piala Liga Spanyol dari Atlético Madrid?

 

Baca juga : Penggunaan Prediksi Sepak Bola Dalam Taruhan Online Piala Dunia 

 

2. Barcelona

Tim yang meraih gelar Spanyol terbanyak kedua adalah Barcelona. Tim yang bermarkas di Camp Nou itu sudah mengoleksi 26 gelar La Liga.

Barcelona pertama kali meraih gelar juara Spanyol pada tahun 1929 dan terakhir menjadi juara pada musim 2018/2019. Bahkan dalam perebutan gelar juara, Barcelona selalu bersaing ketat dengan Real Madrid.

Sama seperti rivalnya, Barcelona diperkuat pemain-pemain terkemuka dunia seperti Lionel Messi. Namun sayangnya pemain terbaik dunia itu harus meninggalkan klub kesayangannya pada tahun 2021. Sehingga Barcelona tidak akan diperkuat Messi di kompetisi berikutnya.

Performa Barcelona setiap musimnya juga stabil. Meski tak meraih gelar juara, mereka tetap menyelesaikan musim di peringkat kedua.

Barcelona pernah mendominasi Spanyol dan Eropa, terutama saat masih di bawah kepemimpinan Pep Guardiola. Mereka tidak hanya memenangkan kejuaraan Spanyol, tetapi juga Liga Champions Eropa.

Seiring berjalannya waktu, Barcelona dikecewakan oleh pemain bintangnya. Selain Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez juga harus hengkang dari Barcelona. Sang pelatih pun harus pindah ke tim lain.

Gap Barcelona dan Real Madrid masih cukup jauh dari gelar juara La Liga. Oleh karena itu, masih cukup sulit bagi Barcelona untuk merebut trofi La Liga yang dipegang Real Madrid

3. Atlético Madrid

Salah satu tim yang sering menyulitkan Barcelona dan juga Real Madrid yaitu Atlético Madrid. Sejauh ini, Atletico Madrid telah meraih 11 gelar La Liga.

Atletico Madrid meraih trofi pertamanya pada musim 1939/1940. Dan trofi terakhir ia raih pada musim 2020/2021 saat dilatih Diego Simeone.

Diego Simeone menjadi pelatih Atletico Madrid ketiga yang memimpin timnya meraih gelar La Liga. Ricardo Zamora melakukan hal serupa pada tahun 1940-1941 dan Helenio Herrera pada tahun 1950-1951.

Tidak seperti Real Madrid dan Barcelona, ​​​​Atletico Madrid tidak memiliki pemain terbaik di dunia. Namun banyak pemain Atletico Madrid yang menjadi pemain bintang. Cukuplah menyebut Antoine Griezmann, Luis Suarez, dan Fernando Torres.

Atletico Madrid berstatus juara bertahan La Liga musim 2021/2022. Mampukah mereka mempertahankan gelar juara atau harus menyerahkannya ke tim lain?

 

Berdirinya La Liga

 

4. Athletic Bilbao

Musim La Liga 1929/1930 merupakan musim perebutan gelar pertama bagi Athletic Bilbao. Sejauh ini, tim berjuluk Los Leones itu sudah meraih 8 trofi La Liga.

Terakhir kali Athletic Bilbao meraih trofi La Liga adalah pada musim 1983/1984. Mereka berhasil mengalahkan tim-tim terkuat saat itu yaitu Real Madrid, Barcelona dan Atlético Madrid.

Sejauh ini kejayaan Athletic Bilbao belum bisa bangkit kembali. Mereka kerap kesulitan di setiap musim dan tak jarang berakhir di papan tengah. Apalagi mereka selalu kesulitan meraih posisi tiga besar klasemen Liga Spanyol.

 

Baca juga : Liga Inggris Kompetisi Sepak Bola Paling Kompetitif Di Eropa 

 

5. Valencia

Meskipun mereka sering menyelesaikan musim di papan tengah, Valencia adalah salah satu tim terbaik Spanyol di tahun 1940an. Pada tahun 1940/1941 mereka pertama kali meraih trofi La Liga.

Terakhir kali mereka meraih trofi La Liga adalah pada musim 2003/2004. Seperti halnya Athletic Bilbao, Valencia kerap kesulitan menyelesaikan musim di posisi tiga besar.

6. Real Sociedad

Real Sociedad kerap menempati papan tengah dan bawah klasemen dan sebenarnya sudah dua kali menjuarai Piala La Liga. Gelar tersebut mereka raih pada musim 1980/1981 dan 1981/1982.

Mereka juga hampir menghentikan Real Madrid musim lalu setelah memenangkan La Liga tiga musim berturut-turut. Namun sayang Real Sociedad tidak lolos dan harus puas di posisi kedua.

Sangat sulit bagi Real Sociedad untuk pulih saat ini. Kemenangan tidak menjadi masalah, tetap berada di tengah klasemen saja sudah cukup menyesakkan.

Tim lain yang pernah meraih gelar La Liga antara lain Deportivo La Coruña, Sevilla, dan Real Betis. Ketiga tim ini sudah satu kali mencium trofi La Liga.

Real Madrid masih menjadi tim dengan peraih gelar terbanyak dalam sejarah kejuaraan Spanyol. Hasil tersebut tentu sangat sulit diraih tim lain, bahkan Barcelona dan Atlético Madrid.

 

Baca juga : Format Liga Champions UEFA

 

Sejarah kejuaraan Spanyol memang sangat panjang, namun sulit bagi tim lain untuk menghentikan dominasi Real Madrid dan Barcelona. Sama seperti di Italia, asal mula Liga Spanyol dimulai dari imigran Inggris.

Itulah informasi tentang sejarah berdirinya Liga Sepak Bola Spanyol, salah satu liga terbaik di dunia. Agar tidak ketinggalan berita terkini seputar Kejuaraan Spanyol, jangan lupa untuk selalu mengunjungi website PeluitPanjang.id untuk informasi hasil pertandingan Kejuaraan Spanyol hari ini.

PeluitPanjang.id merupakan portal berita olahraga terkini khususnya seputar sepak bola terkini. Didirikan pada tanggal 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekelompok anak muda yang mempunyai keinginan kuat untuk menjadi pionir di bidang berita olahraga dengan informasi tercanggih dan akurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan kumpulan berita sepak bola di dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang menjadi laporan yang lebih komprehensif dengan analisis komprehensif tentang pertandingan yang akan datang.

Selain berita dari Liga Spanyol, ada juga berita terkini dari beberapa liga terpenting di dunia seperti Liga Premier Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol dan Italia Fokus Der PeluitPanjang.id Serie A dan Ligue 1 Prancis adalah pada media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan liputan terlengkap tentangsepak bola terpenting di dunia. Saya harap ini bermanfaat.