Friday, 01 March, 2024

Era Digital Serta Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat


Era Digital Serta Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat

Era Digital Serta Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat – Era digital yaitu salah satu era atau zaman pada kehidupan ini telah mengalami kondisi kemajuan yang cukup pesat dan mengarah ke bentuk era digital. Perkembangan era digital akan terus berjalan begitu cepat dan tak bisa dihentikan oleh manusia.

Era Digital Serta Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat

Era Digital Serta Dampak Perkembangan Teknologi Yang Pesat

arenasportsid – Kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan pada dasarnya kita sebagai manusia akan selalu menuntut serta meminta agar semua hal bisa dilakukan secara efisien dan praktis. Hal ini juga akan memberikan berbagai jenis dampak, baik itu dari segi positif maupun negatif.

Perkembangan Era Digital
Perkembangan era digital sampai saat ini masih berlangsung. Banyak teknologi yang masih berkembang ke arah yang lebih baik atau menuju otomatisasi. Hal ini juga memungkinkan berkembangnya era digital di segala bidang.

Beberapa industri yang berkembang di era digital antara lain:

1. Sektor Komunikasi
Jika berbicara di era digital, tentu saja sektor komunikasi merupakan salah satu sektor yang berkembang pesat. Sebelum kita bisa berkomunikasi dengan orang lain yang keberadaannya berbeda dengan kita, kita harus menggunakan telepon seluler dan menggunakan komunikasi sim.

Namun komunikasi sudah berkembang di era digital, seperti ponsel pintar masa kini dengan berbagai fitur canggihnya.

Salah satu bagian penting dari ponsel pintar atau smart phone masa kini adalah semakin optimalnya fungsi internet untuk berkomunikasi dan terhubung dengan masyarakat.

Selain itu, teknologi ini memungkinkan kita berkomunikasi melalui video call, yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Artinya saat ini kita sudah bisa merasakan perkembangan era digital di bidang komunikasi.

2. Eksistensi Aplikasi dalam Bisnis
Dunia bisnis saat ini sudah mulai menyentuh era digital. Jika kita melihat dunia bisnis saat ini, ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia. Program-program tersebut sangat bermanfaat karena memberikan kemudahan dalam menjangkau pelanggan bisnis atau target pasar yang lebih luas.

 

Baca Juga : Kacamata Cartier Yang Bikin Wanita Tampil Keren

 

Situasi dunia usaha saat ini jauh berbeda dibandingkan sebelumnya. Pasalnya, dulu para pedagang kesulitan dalam memasarkan produknya dan mempresentasikannya kepada pelanggan.

Pelaku usaha yang tidak mengikuti perkembangan era digital saat ini cenderung kalah dengan kompetitor lain yang sudah mulai menyesuaikan bisnisnya dengan era digital.

3. Financial technology
Perkembangan pasca era digital juga terjadi pada sektor keuangan. Hal ini terlihat dalam beberapa tahun terakhir ketika sistem dompet digital mulai bermunculan.

Perkembangan era digital di bidang ini juga tidak terlepas dari dunia bisnis berbasis aplikasi. Pasalannya fintech atau financial technology juga bergantung pada aplikasi yang memberikan layanan prima kepada penggunanya.

 

Perkembangan Teknologi Yang Pesat

 

Saat ini pun kita tidak perlu keluar rumah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dan hanya membutuhkan ponsel pintar pribadi Semua model transaksi dapat berjalan dengan lancar.

4. E-commerce
Keberadaan e-commerce saat ini dapat menjadi bukti bahwa era digital bergerak sangat cepat. E-commerce juga dapat memberikan dukungan dalam memperbaiki roda perekonomian suatu masyarakat. Sederhananya, toko online adalah sebuah layanan yang menawarkan produk dan barang secara online dalam satu website atau aplikasi.

Dulu, ketika kita ingin membeli barang, kita harus meninggalkan rumah untuk pergi ke tempat yang menjual barang yang kita inginkan. Saat ini, dengan adanya e-commerce, kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli sesuatu. Pasalnya, seluruh proses pembelian dan pembayaran dapat dilakukan dengan sangat mudah hanya dengan bermodalkan smartphone yang sudah terinstall aplikasi belanja online.

Tantangan dunia usaha di era digital
Perubahan bisnis di era digital saat ini membuat setiap pengusaha juga harus mengubah aktivitas usahanya, misalnya dengan menggunakan platform digital. Namun, saat itu tidak semua pengusaha memiliki banyak peluang.

Hal ini karena setiap peserta harus menghadapi beberapa tantangan untuk beradaptasi dengan proses. Beberapa tantangan yang dihadapi para pemasar di era digital saat ini adalah:

1. Peningkatan kepuasan pelanggan
Saat ini pelanggan dan calon pembeli produk bisnis selalu menggunakan smartphone dalam aktivitas sehari-harinya. Dari mencari produk hingga layanan lain yang diinginkan atau mungkin sekedar mencari informasi atau pemesanan.

Kemudahan ini memungkinkan pelanggan mendapatkan apa yang diinginkannya dengan lebih praktis. Meski pelanggan merasa bingung, namun mereka juga bisa mendapatkan respon yang cukup cepat dari pihak merchant.

2. Layanan teknologi yang cukup kompleks
Tidak semua orang memahami teknologi bisnis tertentu. Tantangan ini seringkali menjadi masalah yang tidak hanya menimpa pengusaha, namun juga karyawan yang bekerja bersama mereka.

Oleh karena itu, sebagai seorang wirausaha sebaiknya mulai memikirkan solusi yang cocok untuk digunakan. Misalnya saja menggunakan layanan yang mudah dipahami seperti aplikasi dengan fungsi yang lengkap dan mudah digunakan.

Bahaya di era digital
Selain tantangan, era digital ini juga dapat menghadirkan bahaya. Beberapa ancaman ini mungkin muncul selama proses penyesuaian. Jelasnya, inilah bahaya era digital.

1. Kelumpuhan oleh analisis
Saat ini ketersediaan informasi sederhana dan ketersediaan alat pendukung masih memerlukan pengembangan setiap proses analisis.

Ada juga banyak teka-teki yang harus dipecahkan oleh para pedagang. Banyak sekali para pebisnis yang jatuh karena terus-menerus mencari validasi tambahan serta detail sebelum membuat keputusan hanya karena mereka memiliki kekhawatiran kurangnya uji secara menyeluruh.

2. Rasa Malas Secara Intelektual Karena Adanya Kemudahan Akses Data
Siapa sangka dengan ketersediaan banyak data menjadi hal yang buruk bagi pengguna lho. Dengan adanya akses big data serta algoritma AI, perusahaan di era digital seperti saat ini akan membuat data yang bisa mendukung hampir seluruh kesimpulan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Keberadaan Konsumen Impulsif dan Ceroboh
Tahukah Anda bahwa rentang perhatian konsumen semakin hari semakin berkurang.