Format Liga Besar Indonesia Liga 1

Format Liga Besar Indonesia Liga 1 – Liga 1 atau dikenal juga dengan BRI Liga 1 berkat sponsorship dari Bank Rakyat Indonesia, merupakan liga profesional tertinggi dalam sistem liga sepak bola Indonesia. Terdapat 18 klub yang mengikuti Liga 1 dan terdapat sistem promosi dan degradasi, dengan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator resmi liga tersebut.

Format Liga Besar Indonesia Liga 1

Format Liga Besar Indonesia Liga 1

arenasportsid – Liga sepak bola profesional kasta tertinggi di Indonesia dimulai pada musim 2008–2009 dan awalnya didirikan hingga tahun 2015 dengan nama Liga Super Indonesia (Liga Super Indonesia). Sebelum reformasi tahun 2008, kompetisi nasional menggunakan format turnamen. Liga 1 dimulai pada tahun 2017 dengan perubahan nama liga.

Sejak awal era modern di tahun 2008, total ada empat puluh klub kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang telah berpartisipasi sebagai Liga Super Indonesia . Delapan tim berhasil dinobatkan sebagai juara, dengan Persipura Jayapura menjadi tim peraih gelar terbanyak, sebanyak tiga kali pada musim 2009, 2011, dan 2013.

Sejarah

Awal

Pada tahun 1994, PSSI menggabungkan tim liga, liga yang populer bagi klub amatir, dengan asosiasi sepak bola regional dan Galatama, liga kurang populer yang terdiri dari tim semi-profesional, membentuk Liga Indonesia. Upaya tersebut memadukan fanatisme Persatuan dan profesionalisme Galatama dengan tujuan meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

Langkah ini akan mengarah pada sistem berjenjang dalam kompetisi sepak bola Indonesia. Format penyisihan grup yang digunakan dalam kejuaraan ini dipadukan dengan sistem kompetisi penuh, dilanjutkan dengan semifinal dan final seperti di Galatama.

Pelatihan

Era persaingan modern dimulai pada tahun 2008 dengan Indonesia Liga Super musim 2008-2009. Musim pertama dimulai dengan 18 klub. Ernest Jeremiah dari Persipura mencetak gol pertama Liga Super Indonesia saat bermain imbang 2-2 melawan Sriwijaya FC. 18 besar peserta kompetisi baru Liga Super Indonesia menurut hasil pemeringkatan akhir musim 2008-09 adalah Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persib Bandung, Persik Kediri, Sriwijaya FC, Persela Lamongan, Persija Jakarta, PSM Makassar, Pelita Jaya , Arema Malang , Persijap Jepara, Persiba Balikpapan, PKT Bontang, Persitara Jakarta Utara, PSMS Medan, Deltras Sidoarjo, Persita Tangerang dan PSIS Semarang. Persiter Ternate dan Persmin Minahasa awalnya bisa mendaftar, namun tidak memenuhi syarat verifikasi untuk menjadi anggota pendiri Liga Super Indonesia.

Dualisme

Mengapa sepak bola di Indonesia sangat dipolitisasi dengan faksi-faksi yang bersaing saling mendorong, konflik adalah hal yang biasa sebelum tahun 2017. Konflik terparah terjadi pada tahun 2011. Setelah pelantikan pengurus baru PSSI pada tahun 2011, anggota pengurus PSSI dan ketua panitia kompetisi, Sihar Sitorus , menunjuk PT Liga Prima Indonesia Sportindo sebagai operator baru liga tersebut, menggantikan PT Liga Indonesia karena gagal menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada PSSI.

Sitorus, yang merupakan salah satu politisi PSSI, menjelaskan bahwa Liga Utama Indonesia sebagai kompetisi top baru yang ada di Indonesia. Pasca terbentuknya Liga Utama Indonesia (LPI), PSSI tidak mengakui keabsahan ISL. Tim-tim ISL seperti PSM Makassar, Persema Malang dan Persibo Bojonegoro, yang diboikot oleh operator ISL karena keputusan wasit dan manajemen, dengan senang hati bisa bertanding di LPI -sesuai proporsi tim ISL yang ada.

Namun, LPI musim 2011 dibatalkan pada pertengahan musim karena perpecahan yang sedang berlangsung di PSSI; Liga baru, Liga Prima Indonesia (Liga Utama Indonesia) , menggantikannya pada akhir tahun 2011 untuk musim 2011-2012.

Sebelum PSSI dipecah, Sitorus menimbulkan kontroversi lebih lanjut ketika ia mengklaim bahwa kompetisi baru akan dibagi menjadi dua wilayah dan akan ada enam klub lagi di papan atas, sesuatu yang banyak anggota PSSI Asosiasi marah.

Sebanyak 14 tim yang seharusnya berkiprah di Liga Utama Indonesia memutuskan untuk mendukung Liga Super Indonesia yang terus didukung oleh para profesional – Fraksi IPL, meskipun itu kompetisi ilegal. PSSI resmi yang didukung FIFA dan AFC tidak mengakui ISL selama dua musim. Sedangkan Liga Primer Indonesia merupakan liga kasta atas pada tahun 2011 hingga 2013 yang hanya diikuti 11 tim.

Baca juga : Aplikasi Prediksi Sepak Bola Paling Akurat Dan Terbaik

Pada rapat luar biasa PSSI tanggal 17 Maret 2013, anggota asosiasi mengkritik Sitorus dan memutuskan Liga Super Indonesia akan melakukannya akan kembali sebagai kompetisi papan atas setelah pembubaran Liga Utama Indonesia. Sitorus dan lima anggota dewan PSSI lainnya dipecat dari sepak bola karena peran mereka dalam divisi (yang dikenal secara lokal sebagai dualisme) yang mengganggu sepak bola Indonesia.

Pengurus PSSI yang baru juga memutuskan bahwa tujuh tim teratas Liga Utama Indonesia 2013 akan bergabung dengan liga terpadu setelah ditinjau. Semen Padang, Persiba Bantul, Persijap Jepara, dan PSM Makassar lolos, sedangkan Perseman Manokwari, Persepar Palangkaraya, dan Pro Duta gagal sehingga menyisakan 22 tim peserta musim 2014.

Format Liga 1

Intervensi pemerintah dan penangguhan FIFA

Dampak perpecahan menghantui sepak bola Indonesia selama bertahun-tahun setelah reunifikasi. Pada tanggal 18 April 2015, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi resmi melarang kegiatan PSSI setelah PSSI menolak mengakui rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), lembaga di bawah kementerian, bahwa Arema Cronus dan Persebaya tidak boleh lolos. review ISL karena ada klub lain dengan nama yang sama. Sebelumnya Nachrawi sudah melayangkan tiga surat peringatan.

Namun PSSI menolak membalas panggilannya hingga batas waktu yang ditentukan. Alhasil, PSSI resmi menghentikan seluruh kompetisi di musim 2015 setelah rapat Komite Eksekutif PSSI pada 2 Mei 2015 menyebut intervensi pemerintah sebagai force majeure.

Intervensi pemerintah juga menyebabkan FIFA menghukum Indonesia dengan larangan satu tahun dari semua kegiatan sepak bola yang dipertimbangkan oleh asosiasi tersebut, menurut FIFA. badan pengatur dunia Campur tangan negara dalam urusan sepak bola sebagai pelanggaran terhadap anggotanya, PSSI. Dalam masa penangguhan tersebut, beberapa turnamen digelar untuk mengisi kekosongan tersebut, mulai dari Piala Presiden Indonesia 2015 yang dimenangkan Persib, hingga Piala Bhayangkara yang melengkapi rangkaian turnamen tak dikenal.

Pada 13 Mei 2016, FIFA secara resmi mengakhiri larangan tersebut setelah membatalkan keputusan menteri Indonesia pada 10 Mei 2016. Tak lama kemudian, muncullah turnamen jangka panjang dengan format full kompetitif, Indonesia Soccer Championship. Musim ini, Persipura Jayapura menjadi juara ISC 2016.

Perubahan nama liga

Pada tahun 2017, kompetisi sepak bola kasta atas di Indonesia resmi berganti nama dengan pergantian nama di Liga 1. Perubahan nama juga berlaku untuk Divisi Utama (menjadi Liga 2) dan Lega Nusantara (menjadi Liga 3). Penyelenggara kompetisi pun berganti dari PT Liga Indonesia (LI) menjadi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Format kompetisi

Format kompetisi menggunakan format wilayah tunggal, sedangkan sebelumnya (terbaru) 2007) format dua wilayah. Pemenang dari pertandingan ini akan ditentukan oleh poin terbanyak dalam 34 kali pertandingan. Gelar juara ditentukan oleh tim dengan poin terbanyak selama satu musim kompetisi.

Jika terjadi hasil seri, juara akan ditentukan dengan berdasarkan selisih gol kedua tim. Sang juara akan mewakili Indonesia di babak play-off Liga Champions Asia. Sedangkan peringkat 2 dan 3 (jika juara 1 lolos play-off Liga Champions Asia) akan mewakili Indonesia di Piala AFC. Tiga tim dengan klasemen terbawah langsung terdegradasi dan digantikan oleh tiga tim klasemen teratas dari Liga 2 yang promosi.

Christian Turner

Related Posts

Cara Baru Untuk Memprediksi Strategi Permainan

Cara Baru Untuk Memprediksi Strategi Permainan – Di era digital saat ini, konsep kecerdasan buatan (AI) telah merambah banyak aspek kehidupan, termasuk dunia sepak bola. Banyak sekali manfaatnya yang membuatnya sangat…

Cara Menggunakan Obrolan GPT Untuk Meningkatkan Prediksi Sepak Bola

Cara Menggunakan Obrolan GPT Untuk Meningkatkan Prediksi Sepak Bola – GPT Chat adalah teknologi AI yang memanfaatkan kumpulan data besar informasi linguistik dan kontekstual untuk menghasilkan prediksi dan wawasan. Wawasan ini…

You Missed

Cara Baru Untuk Memprediksi Strategi Permainan

Cara Baru Untuk Memprediksi Strategi Permainan

Menganalisis Trend Super Bowl di Liga Eropa

Menganalisis Trend Super Bowl di Liga Eropa

Cara Menggunakan Obrolan GPT Untuk Meningkatkan Prediksi Sepak Bola

Cara Menggunakan Obrolan GPT Untuk Meningkatkan Prediksi Sepak Bola

Tingkatkan SEO Super Bowl Dalam Sepak Bola

Tingkatkan SEO Super Bowl Dalam Sepak Bola

Cara Memprediksi Hasil Pertandingan Menggunakan Ilmu Data

Cara Memprediksi Hasil Pertandingan Menggunakan Ilmu Data

Bagaimana Teknologi Membentuk Lapangan Sepak Bola

Bagaimana Teknologi Membentuk Lapangan Sepak Bola