Friday, 01 March, 2024

Pindah Ke Barcelona ​​​​Ilkay Gundogan Meninggalkan Manchester City Dengan Hati Biru


Pindah Ke Barcelona ​​​​Ilkay Gundogan Meninggalkan Manchester City Dengan Hati Biru

Pindah Ke Barcelona ​​​​Ilkay Gundogan Meninggalkan Manchester City Dengan Hati Biru – Ilkay Gundogan akan segera meninggalkan Manchester City. Pemain asal Jerman itu tidak memperpanjang kontraknya dan memutuskan pindah ke raksasa La Liga Barcelona dengan status bebas transfer.

 

Pindah Ke Barcelona ​​​​Ilkay Gundogan Meninggalkan Manchester City Dengan Hati Biru

Pindah Ke Barcelona ​​​​Ilkay Gundogan Meninggalkan Manchester City Dengan Hati Biru

 

arenasportsid – Gundogan akan meninggalkan Etihad Stadium pada awal Juli 2023. Selanjutnya, pemain berusia 32 tahun itu akan bermain untuk Barcelona selama dua tahun, dengan kemungkinan perpanjangan kontrak selama 12 bulan.

Gundogan akan memulai petualangan baru setelah tujuh tahun memperkuat kota. Selama berseragam Citizens, pemain asal Jerman itu meraih berbagai gelar, termasuk treble musim ini. Sejak bergabung dari Borussia Dortmund II pada tahun 2016, Gündogan telah memenangkan setidaknya lima gelar Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan satu gelar Liga Champions.

Manajer City Pep Guardiola sebenarnya masih membutuhkan Gundogan. Selanjutnya, ia berhasil mencetak 11 gol pada musim lalu, termasuk dua gol penentu kemenangan melawan Manchester United di Piala FA.

Arsenal juga sama. The Gunners sangat berharap bisa mendatangkan Gundogan setelah dua mantan pemain City sudah lebih dulu pindah ke Emirates, Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko. Tetapi Gündogan telah membuat pilihan. Dia lebih tertarik pada Barcelona. Bagi Gündogan, Blaugrana adalah klub masa kecil yang diimpikannya sejak lama.

Dan Gündogan melaporkan kata-kata perpisahannya di situs resmi Manchester City. “Merupakan suatu keistimewaan dan kebahagiaan bagi saya untuk bergabung dengan Manchester City selama tujuh tahun terakhir,” kata Gündogan kepada situs Metro.co.uk.

“Manchester telah menjadi rumah saya dan saya merasa seperti bagian dari keluarga yang sangat istimewa di City.” Saya cukup beruntung bisa mengalami begitu banyak momen tak terlupakan selama berada di sini dan menjadi kapten di musim yang sangat istimewa ini adalah yang terhebat. pengalaman karir saya.”

 

Baca juga : Marco Verratti Meninggalkan Paris Saint Germain Dan Pindah Ke Qatar 

 

“Yang pertama dan paling penting, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada pelatih Manchester City. “Bisa bermain di bawah bimbingannya dan belajar darinya dalam jangka waktu yang lama adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan,” tambah Gündogan.

Barcelona telah mengkonfirmasi penandatanganan gelandang Ilkay Gündogan dari Manchester City sebagai agen bebas. Pemain internasional Jerman telah menyetujui kontrak dua tahun dengan opsi tahun ketiga untuk bergabung dengan Barca. Selain itu, klausul pelepasannya ditetapkan sebesar 400 juta euro.

Manchester City tidak ingin menyamai tawaran finansial Barca dan hanya akan memperpanjang kontrak Gündogan selama satu tahun dengan opsi tahun kedua. “Hari ini terasa pahit. Perpisahan tidak pernah mudah, tapi bersama tim ini lebih sulit lagi,” tulis Gündogan di Players Tribune.

“Ketika saya harus mengumumkan kepada para pemain Manchester City bahwa saya akan pergi dari klub ini, saya sangat merasa emosional. Sejujurnya, aku akan merindukan mereka semua. Tapi saya senang mengatakan saya akan pergi. Saya akan pergi dari sini sebagai seorang juara dan di dalam hati saya, saya hanya mencintai klub ini. Berapa banyak pemain yang bisa mengucapkan selamat tinggal sebagai kapten dari tiga tim?

Sungguh luar biasa apa yang telah kami capai. Lima gelar Premier League dalam tujuh tahun saya berada di sini. Dua Piala FA. Liga Champions. Lipat tigakan. Tapi itu hanyalah piala. Yang paling saya ingat adalah perasaan di dalam tim, terutama musim ini. Saya belum pernah mengalami hal seperti itu di sepak bola figcaptionPemain Manchester City Ilkay Gündogan (kanan) merayakan golnya ke gawang Manchester United pada final Piala FA 2022/2023 di Stadion Wembley, Sabtu malam (03/06/2023) WIB.

Pemain internasional Jerman ini merupakan rekrutan pertama klub Catalan pada musim panas, meskipun ESPN sebelumnya mengungkapkan ada juga kesepakatan untuk mengontrak bek Inigo Martinez, ketika kontraknya dengan Athletic Bilbao akan habis masa berlakunya pada bulan Juni.

Gundogan pindah ke Barca, yang memenangkan gelar pertama mereka sejak 2019 musim lalu. Kedatangan Gündogan diharapkan menambah kedalaman dan gol di lini tengah setelah kehilangan Lionel Messi, yang memilih pindah ke Inter Miami CF.

 

Gelandang lengkap

Pelatih Barca Xavi Hernandez sangat ingin memperkuat timnya di sepertiga akhir setelah menyadari bahwa level performa musim lalu tanpa Pedri la telah tenggelam. Bersama Pedri, Gündogan akan melengkapi lini tengah, yang juga berisi Frenkie de Jong, Gavi, Franck Kessie, dan Sergi Roberto.

 

7 tahun di City

Pemain berusia 32 tahun ini sukses membobol lini pertahanan Real Madrid. Ilkay Gündogan mencatatkan dua dribel sukses dan dua umpan kunci pada laga ini. Tujuh tahun masa jabatan Gundogan di City membawa tim Inggris meraih treble bersejarah, yang berpuncak pada trofi Liga Champions pertama mereka awal bulan ini.

Dia telah mencetak 11 gol dalam 51 pertandingan musim ini, termasuk dua gol di final Piala FA melawan Manchester United. Ia meninggalkan City setelah memenangi lima gelar Liga Inggris dan total 14 trofi.

 

Sampai jumpa lagi dengan Lewandowski

 

Robert Lewandowski. Striker Polandia berusia 34 tahun yang pindah ke FC Barcelona setelah meninggalkan FC Bayern Munich pada awal musim 2022/2023 ini juga menjadi pemain dengan gol terbanyak kedua di divisi teratas Eropa pada tahun 2022 bersama kedua klub tersebut. dari 36 gol dalam 32 pertandingan di Liga Jerman dan Spanyol, mencetak 29 gol dan menyumbangkan 7 assist. (AFP/Pau Barrena)

Sebelum pindah ke City pada tahun 2016, Gündogan menghabiskan waktu di Borussia Dortmund, di mana ia bekerja bersama striker Barca Robert Lewandowski dari F.C. Nuremberg dan VfL Bochum bermain.

“Jika saya berubah, hanya akan ada satu klub di dunia yang masuk akal. Entah Barcelona atau tidak sama sekali,” kata Gündogan.

“Sejak saya masih kecil, saya bermimpi suatu hari nanti bisa mengenakan jersey ini. Saya yakin saya punya beberapa tahun lagi di level tertinggi dan saya hanya ingin membantu Barcelona kembali ke tempat yang seharusnya.” Itu bagian dari itu.

“Ini akan menjadi reuni dengan teman lama saya Lewa dan saya tak sabar untuk bermain dengan pelatih lain yang sudah lama saya kagumi.” Ketika Xavi dan saya membicarakan proyek ini, tibalah saatnya secara alami kepada kita. Saya melihat begitu banyak kesamaan di antara kami sebagai karakter dan dari cara kami memandang permainan, saya dapat mengatakan bahwa itu adalah musim terbaik Gündogan di City. Bagaimana tidak, gelandang asal Jerman itu menjadi andalan Pep Guardiola dan sudah mencetak 16 gol untuk The Citizens.

Manchester City adalah tim terbaik di Eropa musim lalu, memenangi trofi demi trofi, namun Barcelona sama dominannya di La Liga dan memenanginya dengan mereka unggul 10 poin atas tim urutan kedua Real Madrid. Gundogan telah mengoleksi gelar liga di Inggris dan Jerman dan akan berambisi untuk menambahkan Liga Spanyol ke dalam lemari trofinya.