Friday, 01 March, 2024

Manchester United meresmikan pembelian kiper asal Turki Altay Bayindir


Manchester United meresmikan pembelian kiper asal Turki Altay Bayindir

Manchester United meresmikan pembelian kiper asal Turki Altay Bayindir – Manchester United (MU) dilaporkan selangkah lagi untuk mendatangkan kiper baru asal Turki dalam diri Altay Bayindir. Pakar pasar Fabrizio Romano dan mantan pemain MU yang berubah menjadi Fenerbahce Fred menyampaikan kabar tersebut.

 

Manchester United meresmikan pembelian kiper asal Turki Altay Bayindir

Manchester United meresmikan pembelian kiper asal Turki Altay Bayindir

 

arenasportsid. – Fred yang kini pindah ke Fenerbahce mengatakan bahwa Altay Bayindir akan segera menyelesaikan kepindahannya ke MU. Kiper berusia 25 tahun itu dikabarkan dibeli MU seharga €4,9 juta.

Keputusan MU merekrut Altay Bayindir usai mendatangkan Andre Onana dari Inter kemungkinan besar karena MU sudah melepas dua kipernya musim ini. Dean Henderson akan pindah ke Crystal Palace dan sebelumnya Setan Merah melepas David De Gea yang saat ini belum memiliki klub baru.

Jika memang benar pindah ke MU, Altay Bayindir akan menjadi pemain kelima yang didatangkan Setan Merah pada musim panas 2023. MU sebelumnya mengontrak Mason Mount, Jonny Evans, Andre Onana, dan Rasmus Hojlund.

Manchester United resmi mengumumkan kedatangan kiper Turki Altay Bayindir pada WIB, Jumat sore (1 September 2023). Pemain berusia 25 tahun itu dikontrak Fenerbahce dan terikat kontrak di Old Trafford selama empat tahun ke depan, hingga Juni 2027.

“Altay Bayindir telah tiba di Manchester United. Dia terikat kontrak yang berlaku hingga Juni 2027 dengan opsi perpanjangan satu tahun,” demikian keterangan resmi MU, dikutip dari laman resmi klub, Jumat malam (31 Agustus 2023) WIB.

Di kesempatan yang sama, Altay Bayindir merasa bangga bisa bergabung dengan klub sebesar Manchester United. Khususnya, Altay Bayindir adalah pemain Turki pertama dalam sejarah yang membela MU dan dia berharap bisa membela Setan Merah dan membantu klub mencapai tujuannya.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk mendapat kesempatan pindah ke Manchester United. Saya pemain Turki pertama yang mewakili klub luar biasa ini,” kata Altay Bayindir di situs MU.

“Saya memiliki hasrat untuk sukses. “Saya akan melakukan apapun yang saya bisa untuk dapat membantu kelompok pemain spesial ini mencapai suatu kemenangan,” tambahnya.

Kiper dengan tinggi 198 cm ini memenangkan 166 pertandingan untuk Fenerbahce. Bayindir diperkirakan masuk sebagai pengganti Dean Henderson yang pindah ke Crystal Palace.

Sebelumnya, Bayindir dikabarkan menjalani tes medis selama seminggu di Yunani untuk mempersiapkan kepindahannya ke Old Trafford. Ia dipersiapkan sebagai pengganti Henderson sejak awal.

Jelang perpisahannya dengan Fenerbahce, Bayindir tampak hendak mengucapkan selamat tinggal setelah timnya mengalahkan Twente 5-1 di play-off Liga Conference Kamis lalu. Dia menyapa para penggemar.

 

Baca juga : Arsenal Akhirnya Melepas Rob Bergabung Di Crystal Palace

 

Bayindir memainkan 40 pertandingan Fenerbahce di semua kompetisi musim lalu. Kendati demikian, klub asal Turki tersebut pekan lalu sudah punya penggantinya yakni Dominik Livakovi dari Dinamo Zagreb.

Kedatangan Altay Bayindir merupakan transfer keempat MU musim ini. Sebelumnya: Mason Mount, Rasmus Hojlund, Andre Onana. MU sempat dikaitkan dengan beberapa pemain sebelum jendela transfer ditutup, termasuk Sergio Reguilon dan Sofyan Amrabat.

 

Berikut lima keingintahuan Altay Bayindir , kiper yang akan segera pindah ke MU:

1. Dia masih memiliki kontrak panjang dengan Fenerbahce

Manchester United (MU) tentu harus merogoh kocek lebih dalam untuk Altay Bayindir Pasalnya, sang kiper masih memiliki kontrak yang cukup panjang dengan klubnya Fenerbahce.

Altay Bayindir terikat kontrak dengan klub Turki tersebut hingga 30 Juni 2027. Namun, seperti yang dikatakan Fred Terungkap, sang kiper langsung dilepas Fenerbahce untuk bergabung dengan MU, apalagi ia sudah mencapai kesepakatan dengan kiper anyar Dominik Livakovic yang kini bermain untuk Dinamo Zagreb.

Pada Juli 2019, Bayındır bergabung dengan Fenerbahçe dengan kontrak empat tahun. Bayındır menjadi penjaga gawang utama di depan rekan setimnya Harun Tekin. Pada 19 Agustus 2019, ia melakukan debutnya untuk Fenerbahçe dalam kemenangan 5-0 melawan Gazişehir Gaziantep F.K. di Stadion Şükrü Saracoğlu.

Pada tanggal 3 Oktober 2020, Bayındır menyelamatkan penalti dari Erik Sabo pada pertandingan minggu keempat melawan Fatih Karagümrük yang berakhir 2 -1 di Fenerbahce. Pada 6 Desember 2020, ia kembali menyelamatkan penalti dari Radosław Murawski dalam pertandingan Pekan 11 melawan Denizlispor, yang mereka menangi 2-0 Fenerbahçe. Dia membuat total tujuh penyelamatan dalam pertandingan ini, di mana Fenerbahçe bermain dengan sepuluh orang setelah Serdar Aziz dikeluarkan dari lapangan .

Pada tanggal 30 Oktober 2021, dalam kekalahan tandang 1:2 melawan Konyaspor, Bayındır, Ia cedera dan bertabrakan dengan Serdar Gürler pada menit ke-69 dan meninggalkan lapangan, digantikan oleh Berke Özer. Keesokan harinya, Fenerbahçe membuat pengumuman yang mengatakan: “Meskipun tidak ada patah tulang yang terdeteksi di bahu Altay Bayındır, pemisahan acromioclavicular diamati.” Diputuskan bahwa ” Pemain kami akan menjalani operasi dan perawatannya telah dimulai.” Diperkirakan dia akan absen sekitar tiga bulan.

Pada 18 Maret 2023, Bayındır memperpanjang kontraknya, yang akan berakhir pada akhir musim, hingga 2027. Pada 17 April 2023, ia menjalani operasi hernia lumbal.

 

2. Belum pernah bermain di luar Turki

Selama ini ia selalu memainkan karirnya di negara asalnya, Turki. Di level junior, ia bermain untuk akademi sepak bola Bursaspor, Arabayatagispor, Bursa Yolspor dan Ankaragucu.

Ankaragucu juga menjadi klub tingkat profesional pertama Altay Bayindir pada tahun 2016. Dia kemudian pindah ke Fenerbahce pada tahun 2019 dan bertahan di sana hingga saat ini. Artinya, ini akan menjadi karir pertama Altay Bayindir di luar negeri seiring pindah ke MU.

 

3. Kiper utama Fenerbahce

Sejak pindah ke Fenerbahce pada tahun 2019, Altay Bayindir kemudian berhasil menjadi penjaga gawang utama klub asal Turki tersebut.

Dia telah tampil di lebih dari 140 pertandingan sejauh ini. Dalam karirnya di Fenerbahce, ia membantu timnya menjuarai Piala Liga Turki 2022/2023, di mana ia menang 2-0 di laga terakhir tanpa kebobolan satu gol pun.

 

4. Dia memiliki pengalaman di tim nasional Turki.

Penampilan apiknya di Fenerbahce memberi peluang bagi Altay Bayindir untuk membela timnas Turki. Panggilan pertamanya adalah pada 9 November 2020, namun ia baru melakukan debut pada 27 Mei 2021. Debut Altay Bayindir bersama timnas Turki terjadi pada laga internasional melawan Azerbaijan. Ia melakukan debut pada usia 23 tahun 1 bulan 13 hari.

 

5. Dia akan menjadi pemain Turki ke-22 di Premier League, yang pertama di MU.

Jika resmi menjadi pemain MU, Altay Bayindir akan menjadi pemain ke-22 asal Turki sepanjang masa di Liga Inggris. Sebelumnya, ada 21 pemain Turki yang berkarier di Premier League, seperti Hakan Sukur yang bermain untuk Blackburn Rovers pada musim 2002/2003, atau Nuri Sahin yang bermain pada musim 2002/2003. Musim 2003 Bermain untuk Liverpool pada 2012/2013.