Friday, 01 March, 2024

Sistem Kejuaraan Sepak Bola Di Italia


Sistem Kejuaraan Sepak Bola Di Italia

Sistem Kejuaraan Sepak Bola Di Italia – Sistem liga sepak bola di Italia , juga dikenal sebagai piramida sepak bola di Italia, mengacu pada sistem hierarki liga sepak bola yang saling berhubungan di Italia, yang terdiri dari 594 divisi dan 3332 tim (termasuk kategori kedua dan kategori ketiga), dimana semua divisi dihubungkan berdasarkan prinsip promosi dan degradasi dan di dalamnya juga diikuti oleh tim dari San Marino. Sistem ini memiliki format hierarki, dengan promosi dan degradasi antar liga di level berbeda, memungkinkan klub di divisi terendah secara teoritis mencapai puncak sistem.

 

Sistem Kejuaraan Sepak Bola Di Italia

Sistem Kejuaraan Sepak Bola Di Italia

 

arenasportsid – klub teratas di setiap liga dalam jumlah tertentu dapat dipromosikan ke divisi teratas, sedangkan klub yang finis di posisi terbawah klasemen harus terdegradasi. Selain performa olahraga, promosi biasanya bergantung pada pemenuhan kriteria yang ditetapkan oleh liga teratas, khususnya yang berkaitan dengan struktur dan keuangan yang sesuai.

Secara teoritis, ada kemungkinan bagi klub amatir lokal level rendah untuk mencapai puncak kejuaraan Italia dan memenangkan Scudetto. Meskipun hal ini mungkin tidak dapat dilakukan dalam praktiknya (setidaknya dalam jangka pendek), terdapat pergerakan signifikan dalam piramida tersebut.

Dua level pertama sistem liga di Italia masing-masing hanya berisi satu divisi. Di bawahnya, setiap tingkat memiliki subdivisi paralel, yang masing-masing mencakup wilayah geografis yang semakin kecil.

 

Struktur

Divisi tertinggi sepak bola Italia adalah Serie A, yang dijalankan oleh Lega Nazionale Professionisti Serie A dan terdiri dari 20 tim. Level kedua berikutnya adalah Serie B dengan 22 tim, yang diselenggarakan oleh Lega Nazionale Professionisti Serie B . Kedua kejuaraan ini mencakup seluruh Italia.

Tingkat ketiga dan keempat dikelola oleh Lega Calcio Italiana Professionistico , yang terdiri dari dua grup paralel dan masing-masing grup memiliki dua departemen.

Tahap kelima diselenggarakan oleh divisi antarwilayah Liga Amatir Nasional. Di bawah ini terdapat lima tahapan tambahan, empat diantaranya, Keunggulan, Promosi, Kategori Pertama dan Kategori Kedua, diselenggarakan oleh Panitia Regional Liga Amatir Nasional dan yang terakhir, Kategori Ketiga, diselenggarakan oleh Panitia Provinsi.

Semua klub profesional dari Serie A, Serie B, dan Lega Pro. Sejak 2011–2012, divisi keempat telah dikurangi dari 3 menjadi 2 divisi karena krisis ekonomi internasional.

Seri A TEAM adalah liga profesional teratas kejuaraan sepak bola Italia berkat perjanjian sponsorship dengan Telecom Italia dan telah aktif selama lebih dari sembilan puluh tahun. dalam format saat ini pada musim Didirikan pada tahun 1929/30. Liga ini dikelola oleh Lega Calcio hingga 2010, namun pada awal musim 2010-11 sebuah organisasi baru, Lega Serie A, dibentuk. Sering dianggap sebagai salah satu liga sepak bola terbaik di dunia, Serie A mencapai puncaknya antara tahun 1990an dan pertengahan 2010an.

Serie A dinobatkan sebagai liga nasional terkuat kedua di dunia pada tahun 2014 menurut IFFHS. Serie A menempati peringkat ketiga di antara liga-liga Eropa menurut koefisien UEFA, setelah La Liga dan Liga Premier, mengungguli Bundesliga dan Ligue 1 Koefisien ini ditentukan oleh performa klub-klub Italia di Liga Champions dan Liga Europa selama lima tahun terakhir. Serie A menduduki peringkat teratas UEFA antara tahun 1986 dan 1988 dan antara tahun 1990 dan 1991.

Serie A telah menghasilkan finalis terbanyak di Liga Champions UEFA dan pendahulunya, Piala Eropa: Klub-klub Italia telah mencapai final meraih 26 kali dan menang dua belas kali selama kompetisi.

Serie A adalah salah satu liga sepak bola paling legendaris di dunia. Dari 100 pesepakbola terhebat dalam sejarah yang dipilih oleh FourFourTwo pada tahun 2017, 42 pemain bermain di Serie A, lebih banyak dibandingkan liga mana pun di dunia. Juventus adalah tim yang paling banyak menghasilkan juara dunia (27), sedangkan Inter (20), Roma (16) dan Milan (10) berada di urutan ketiga tempat tempat. Tempat keempat dan kesembilan dalam peringkat ini.

 

Baca juga : Ligue 1 kompetisi sepak bola kasta utama di Perancis 

 

Dalam bentuknya yang sekarang, kejuaraan sepak bola Italia bertransformasi dari kejuaraan regional dan antarwilayah menjadi kejuaraan terpadu dari musim 1929 hingga 1930 . Kejuaraan yang dimenangkan sebelum tahun 1929 secara resmi diakui oleh FIGC. Musim 1945/46 yang digelar di dua wilayah akibat Perang Dunia Kedua seringkali tidak tercatat dalam statistik, meski diakui secara resmi.

Liga ini mencakup tiga klub paling terkenal di dunia, dengan Juventus, AC Milan, dan Inter Milan semuanya menjadi anggota pendiri G -14 , grup yang mewakili klub-klub elit dan bergengsi Eropa. Serie A menjadi satu-satunya liga yang mengirimkan tiga wakil pendiri. Lebih banyak pemain yang memenangkan Bola Emas di Serie A dibandingkan liga sepak bola lainnya di dunia.

 

Kejuaraan Sepak Bola Di Italia

 

Milan adalah salah satu dari dua klub dengan gelar internasional terbanyak di dunia. Juventus, klub Italia paling sukses di abad ke-20, dan klub saya yang paling sukses Tim Italia paling sukses sepanjang masa, , peringkat keempat di Eropa dan kedelapan di seluruh dunia. Juventus adalah satu-satunya klub di dunia yang memenangkan semua gelar kompetisi resmi UEFA dan gelar Piala Dunia. Inter menjadi tim Italia pertama yang mencapai Triple setelah kesuksesan mereka di musim 2009/10.

Selama Musim kompetisi berlangsung dari Agustus hingga Juni setiap tahun. Setiap klub menghadapi setiap tim lawan dua kali di laga tandang, dengan total 38 pertandingan untuk setiap tim. Oleh karena itu, digunakan sistem round-robin, dengan klub-klub bermain melawan tim lawan sebanyak 19 kali di babak pertama dan 19 kali lagi di babak kedua, dengan perbedaan tempat pertandingan, sebelumnya pertandingan kandang dan tandang dimainkan. Sejak musim 1994/95, tim yang menang mendapat tiga poin di setiap pertandingan, jika seri masing-masing tim mendapat satu poin dan tim yang kalah tidak mendapat poin.

 

Kualifikasi Eropa

Mulai tahun 2022 Serie A dianggap sebagai liga terbaik keempat menurut koefisien UEFA, oleh karena itu empat tim terbaik di Serie A lolos langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions UEFA. Tim yang finis di peringkat kelima bersama dengan pemenang Piala Italia (jika pemenang Piala Italia finis di luar lima besar) atau tim yang finis di peringkat keenam (jika pemenang Piala Italia finis di lima besar) akan lolos ke Fase A. dari grup Liga Eropa UEFA. Klub yang berada di peringkat keenam atau ketujuh, bergantung pada performa liga pemenang Piala Italia, melaju ke babak kualifikasi final Liga Konferensi Eropa UEFA.

 

Tiebreak

Jika hanya 38 pertandingan ada dua tim yang imbang untuk tempat pertama atau ke-17, tempat aman terakhir, tim yang memenangkan Scudetto atau tetap di tempat ke-17 akan berada dalam satu pertandingan selama 90 menit dan ditentukan adu penalti (tidak ada waktu tambahan), yang dimainkan di situs netral, dengan tim tuan rumah ditentukan melalui babak play-off yang tercantum di bawah.

Jika setidaknya tiga tim memiliki hasil seri untuk salah satu tempat ini, kedua tim peserta akan ditentukan menggunakan tabel mini antara tim peserta menggunakan kriteria seri yang tercantum di bawah ini. Kriteria yang menentukan hasil seri di semua posisi lainnya adalah:

1. Poin dalam pertandingan langsung

2. Selisih gol dalam pertandingan langsung

3. Total selisih gol

4. Jumlah gol terbanyak yang dicetak

5. Pertandingan play-off di tempat netral, jika relevan dengan keputusan kualifikasi atau degradasi Eropa; sebaliknya melalui lempar koin